LAPORAN
KEGIATAN PENELITIAN TENTANG MOTIVASI DAN
KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAPIKA DI WILAYAH MEDINI UNDAAN KUDUS
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mid
Semester
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen
Dosen Pengampu : Ekawati Rahayu
Ningsih, SH, MM.
Disusun oleh :
RUBIYANTI
(211 113)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN
SYARI’AH PRODI EKONOMI ISLAM
2013
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan
perekonomian yang semakin pesat, semakin banyak produk yang ditawarkan di pasar
guna memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih luas
kepada konsumen untuk memilih dan membeli produk sesuai dengan keingginan dan
kebutuhannya. Keadaan seperti ini akan menimbulkan persaingan yang lebih ketat,
khususnya bagi perusahaan barang dan jasa sejenis. Kondisi persaingan yang
demikian mengharuskan pengusaha mampu menciptakan strategi pemasaran yang lebih
efektif dan efesien dari pada pesaing. Untuk dapat menciptakan strategi
pemasaran perusahaan perlu mengetahui kebutuhan konsumen, sehingga dapat
menciptakan produk sesuai dengan keinginan konsumen.
Rapika merupakan salah satu
produk yang efektif dan efisien untuk digunakan masyarakat sehari-hari sebagai
pelicin, pewangi sekaligus pelembut pakaian. Selain karna harganya terjangkau
dan juga praktis untuk digunakan menghilangkan bau apek
dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan
lain-lain.
Oleh karena itu penulis
meneliti tentang motivasi dan
kebutuhan konsumen terhadap produk rapika di wilayah medini undaan kudus dengan
menggunakan teori motivasi dan kebutuhan menurut Abraham Maslow
B.
Rumusan masalah
Bagaimana tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen
terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus?
C.
Tujuan
Penelitian
Untuk mengetahui
tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah
Medini Undaan Kudus.
D.
Sampel
Dalam penelitian ini,
teknik pengambilan sampel menggunakan sampel secara acak atau random sampling.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah desa Medin Undaan Kudus
yang berjumlah 20 orang.
E.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner. Teknik kuesioner dimaksudkan untuk memperoleh data primer. Kueseoner
adalah suatu penyelidikan mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut
kepentingan umum (orang banyak) yang dilakukan dengan jalan mengadakan suatu
daftar pertanyaan berupa formulir-formulir, diajukan secara tertulis kepada
sejumlah subjek untuk mendapatkan jawaban tentang tanggapan (respons) tertulis
seperlunya (Singarimbun, 1995 : 130).
Dengan
demikian, berdasarkan daftar pertanyaan tersebut diharapkan memperoleh data primer
secara langsung dari responden yang mempunyai kaitan erat dengan penelitian
serta mempunyai sifat reliabilitas dan validitas yang tinggi. Kuesioner yang
dikirim kepada responden di dalam penelitian ini adalah kuesioner berstruktur
dengan pertanyan tertutup.
II.
LANDASAN
TEORI
Motivasi adalah satu penggerak dari dalam diri
seseorang untuk melakukan atau mencapai suatu tujuan. Motivasi juga bisa
dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan
menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses
untuk mencapai suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah
mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupannya.
Motivasi itu tidak pernah dikatakan baik, apabila
tujuan yang diinginkan itu tidak baik. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa
motivasi selalu berkaitan dengan kebutuhan, Abraham Maslow mengklasifikasikan
kebutuhan secara berurutan, menjadi 5 bagian. Konsep Abraham Maslow dikenal
dengan piramida kebutuhan yaitu sebagai berikut:
a.
Kebutuhan
Fisiologis (Physiological Needs)
Merupakan
jenis kebutuhan dasar manusia dalam mempertahankan hidupnya. Kebutuhan
fisiologis meliputi makanan air, udara,
rumah, pakaian,
dll.
b.
Kebutuhan Rasa
Aman (Safety Needs)
Adalah
jenis kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan fisiologis. Kebutuhan rasa aman
juga menrupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia. Manusia juga
membutuhkan perlindungan dari gangguan kriminalitas, sehingga ia bisa hidup
aman dan nyaman ketika sedang melakukan suatu kegiatan.
c.
Kebutuhan Sosial
(Bisaal Needs atau Belongingness Needs)
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan ketiga dari Maslow.
Kebutuhan bisaal dibutuhkan manusia agar memudahkan hubungannya dengan manusia
lainnya. Manusia juga membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa memiliki dan
dimiliki, serta diterima oleh masyarakat disekelilingnya.
d.
Kebutuhan Ego (Egoistic
or Esteem Needs)
Yaitu
kebutuhan berprestasi untuk mendapatkan kepuasan dan mencapai derajat yang
lebih tinggi disbandingkan dengan manusia lainnya. Setiap manusia akan berusaha
bisa mencapai prestasi, reputasi dan status yang lebih baik dari sebelumnya.
Bahkan akan menuntut manusia lainnya untuk bisa mengenalnya sebagai individu
yang sempurna, berprestasi dan sukses.
e.
Kebutuhan
Aktualisasi Diri (Need for Self-Actualization)
Yang
dimaksud kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan seorang individu untuk
menjadikan dirinya sebagai seorang yang paling baik diantara yang terbaik
karena potensi dan kemmapuan yang dimilikinya. Kebutuhan aktualisasi diri juga
menggambarkan keinginan seeseorang untuk mengetahui, memahami dan membentuk
suatu system nilai, sehingga seseorang mampu mempengaruhi orang lainnya.
III.
PEMBAHASAN
A.
Tingkat
motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan
Kudus
a.
Prosedur Penilaian
NO
|
PERNYATAAN
|
Setuju
(S)
|
Netral
(N)
|
Tidak
Setuju
(TS)
|
Jumlah
|
1
|
Produk Rapika membuat
pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
|
15
|
5
|
0
|
20
|
2
|
Produk Rapika memberi
keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
|
16
|
4
|
4
|
20
|
3
|
Produk Rapika
melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
|
9
|
9
|
2
|
20
|
4
|
Anda enggunakan
produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
|
10
|
8
|
2
|
20
|
5
|
anda membeli produk
Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
|
16
|
4
|
0
|
20
|
6
|
Anda membeli Produk Rapika karena sangat
berguna untuk
menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara
ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
|
12
|
4
|
4
|
20
|
7
|
Anda menggunakan
produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social
dan budaya
|
7
|
11
|
2
|
20
|
8
|
Produk Rapika
mengikuti perkembangan zaman.
|
13
|
5
|
2
|
20
|
9
|
Keluarga,teman dan
tetangga sering menggunakan produk Rapika
|
17
|
2
|
1
|
20
|
10
|
Anda senang
menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
|
16
|
4
|
0
|
20
|
11
|
Anda menggunakan
produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
|
17
|
3
|
0
|
20
|
12
|
Anda menggunakan
Produk Rapika karena
berkualitas dan produknya
lebih baik dari yang lain
|
12
|
8
|
0
|
20
|
13
|
Anda menggunakan
Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
|
12
|
7
|
1
|
20
|
14
|
Produk Rapika menjadi
gaya hidup sehari-hari
|
11
|
8
|
1
|
20
|
15
|
Anda menggunakan
produk Rapika karena ProdukNya terkenal
|
9
|
10
|
1
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
MAX
|
17
|
11
|
4
|
|
b.
Hasil Nilai dari prosedur penilaian
ketika dikalikan dengan nilai nominalnya Ketentuan Nilai sebagai berikut:
S:3 N:2 TS:1
NO
|
PERNYATAAN
|
Setuju
(S)
|
Netral
(N)
|
Tidak
Setuju
(TS)
|
Jumlah
|
1
|
Produk
Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
|
45
|
10
|
0
|
55
|
2
|
Produk
Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
|
48
|
8
|
0
|
56
|
3
|
Produk
Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
|
27
|
18
|
2
|
47
|
4
|
Anda
enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu
dalam lemari
|
30
|
16
|
2
|
48
|
5
|
anda
membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi
kusut
|
48
|
8
|
0
|
56
|
6
|
Anda
membeli Produk Rapika
karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara
ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
|
36
|
8
|
4
|
48
|
7
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi
pesan social dan budaya
|
21
|
22
|
2
|
45
|
8
|
Produk
Rapika mengikuti perkembangan zaman.
|
39
|
10
|
2
|
51
|
9
|
Keluarga,teman
dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
|
51
|
4
|
1
|
56
|
10
|
Anda
senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
|
48
|
8
|
0
|
56
|
11
|
Anda
menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut
dan biangNya 4in1
|
51
|
6
|
0
|
57
|
12
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena
berkualitas dan produknya
lebih baik dari yang lain
|
36
|
16
|
1
|
52
|
13
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
|
36
|
14
|
1
|
51
|
14
|
Produk
Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
|
33
|
16
|
1
|
50
|
15
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
|
27
|
20
|
1
|
48
|
|
|
|
|
|
|
|
MAX
|
51
|
22
|
4
|
|
c.
Tahap Terakhir
Penilaian (prosentase nilai)
Pada
tahap ini perhitungannya diambil dari hasil nilai tahap B yaitu nilai responden
(S/N/TS): jumlah X 100%
NO
|
PERNYATAAN
|
Setuju
(S)
|
Netral
(N)
|
Tidak
Setuju
(TS)
|
Jumlah
|
1
|
Produk
Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
|
81,8%
|
18,2%
|
0%
|
100%
|
2
|
Produk
Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
|
85,7%
|
14,3%
|
0%
|
100%
|
3
|
Produk
Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
|
57,4%
|
38,3%
|
4,3%
|
100%
|
4
|
Anda
enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu
dalam lemari
|
62,5%
|
33,3%
|
4,2%
|
100%
|
5
|
anda
membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi
kusut
|
85,7%
|
14,3%
|
0%
|
100%
|
6
|
Anda
membeli Produk Rapika
karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara
ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
|
75%
|
16,7%
|
8,3%
|
100%
|
7
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi
pesan social dan budaya
|
46,7%
|
48,9%
|
4.4%
|
100%
|
8
|
Produk
Rapika mengikuti perkembangan zaman.
|
76,5%
|
19,6%
|
3,9%
|
100%
|
9
|
Keluarga,teman
dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
|
91%
|
7,1%
|
1,9%
|
100%
|
10
|
Anda
senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
|
85,1%
|
14,3%
|
0%
|
100%
|
11
|
Anda
menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut
dan biangNya 4in1
|
89,5%
|
10,5%
|
0%
|
100%
|
12
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena
berkualitas dan produknya
lebih baik dari yang lain
|
69,2%
|
30,8%
|
0%
|
100%
|
13
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
|
70,6%
|
27,4%
|
2%
|
100%
|
14
|
Produk
Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
|
66%
|
32%
|
2%
|
100%
|
15
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
|
56,2%
|
41,7%
|
2,1%
|
100%
|
|
|
|
|
|
|
|
MAX
|
91%
|
48,9%
|
8,3%
|
|
B. HASIL ANALISIS
Dalam sejauh ini
tingkat kebutuhan konsumen terhadap Rapika menunjukkan signifikan Karena 91% menyatakan setuju mengenai pernyataan bahwa keluarga,teman
dan tetangga sering menggunakan
Rapika. Dan 48,9,% menyatakan
biasa saja (Netral) dengan
pernyataan “anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang
dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya”.Sedangkan 8,3% responden menyatakan tidak setuju bahwa membeli produk
rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada
pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
Jadi dari hasil penelitian berdasarkan prosentase dapat disimpulkan bahwa
prosentase terbanyak mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika menunjukkan signifikan dimana prosentasenya sebesar 91% menyatkan setuju bahwa keluarga, teman,
dan tetangga sering menggunakan
produk Rapika.
Pengen Exis dimanapun kita berada, gunakanlah rapika
LAPORAN
KEGIATAN PENELITIAN TENTANG MOTIVASI DAN
KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAPIKA DI WILAYAH MEDINI UNDAAN KUDUS
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mid
Semester
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen
Dosen Pengampu : Ekawati Rahayu
Ningsih, SH, MM.
Disusun oleh :
RUBIYANTI
(211 113)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN
SYARI’AH PRODI EKONOMI ISLAM
2013
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan
perekonomian yang semakin pesat, semakin banyak produk yang ditawarkan di pasar
guna memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih luas
kepada konsumen untuk memilih dan membeli produk sesuai dengan keingginan dan
kebutuhannya. Keadaan seperti ini akan menimbulkan persaingan yang lebih ketat,
khususnya bagi perusahaan barang dan jasa sejenis. Kondisi persaingan yang
demikian mengharuskan pengusaha mampu menciptakan strategi pemasaran yang lebih
efektif dan efesien dari pada pesaing. Untuk dapat menciptakan strategi
pemasaran perusahaan perlu mengetahui kebutuhan konsumen, sehingga dapat
menciptakan produk sesuai dengan keinginan konsumen.
Rapika merupakan salah satu
produk yang efektif dan efisien untuk digunakan masyarakat sehari-hari sebagai
pelicin, pewangi sekaligus pelembut pakaian. Selain karna harganya terjangkau
dan juga praktis untuk digunakan menghilangkan bau apek
dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan
lain-lain.
Oleh karena itu penulis
meneliti tentang motivasi dan
kebutuhan konsumen terhadap produk rapika di wilayah medini undaan kudus dengan
menggunakan teori motivasi dan kebutuhan menurut Abraham Maslow
B.
Rumusan masalah
Bagaimana tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen
terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus?
C.
Tujuan
Penelitian
Untuk mengetahui
tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah
Medini Undaan Kudus.
D.
Sampel
Dalam penelitian ini,
teknik pengambilan sampel menggunakan sampel secara acak atau random sampling.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah desa Medin Undaan Kudus
yang berjumlah 20 orang.
E.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner. Teknik kuesioner dimaksudkan untuk memperoleh data primer. Kueseoner
adalah suatu penyelidikan mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut
kepentingan umum (orang banyak) yang dilakukan dengan jalan mengadakan suatu
daftar pertanyaan berupa formulir-formulir, diajukan secara tertulis kepada
sejumlah subjek untuk mendapatkan jawaban tentang tanggapan (respons) tertulis
seperlunya (Singarimbun, 1995 : 130).
Dengan
demikian, berdasarkan daftar pertanyaan tersebut diharapkan memperoleh data primer
secara langsung dari responden yang mempunyai kaitan erat dengan penelitian
serta mempunyai sifat reliabilitas dan validitas yang tinggi. Kuesioner yang
dikirim kepada responden di dalam penelitian ini adalah kuesioner berstruktur
dengan pertanyan tertutup.
II.
LANDASAN
TEORI
Motivasi adalah satu penggerak dari dalam diri
seseorang untuk melakukan atau mencapai suatu tujuan. Motivasi juga bisa
dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan
menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses
untuk mencapai suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah
mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupannya.
Motivasi itu tidak pernah dikatakan baik, apabila
tujuan yang diinginkan itu tidak baik. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa
motivasi selalu berkaitan dengan kebutuhan, Abraham Maslow mengklasifikasikan
kebutuhan secara berurutan, menjadi 5 bagian. Konsep Abraham Maslow dikenal
dengan piramida kebutuhan yaitu sebagai berikut:
a.
Kebutuhan
Fisiologis (Physiological Needs)
Merupakan
jenis kebutuhan dasar manusia dalam mempertahankan hidupnya. Kebutuhan
fisiologis meliputi makanan air, udara,
rumah, pakaian,
dll.
b.
Kebutuhan Rasa
Aman (Safety Needs)
Adalah
jenis kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan fisiologis. Kebutuhan rasa aman
juga menrupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia. Manusia juga
membutuhkan perlindungan dari gangguan kriminalitas, sehingga ia bisa hidup
aman dan nyaman ketika sedang melakukan suatu kegiatan.
c.
Kebutuhan Sosial
(Bisaal Needs atau Belongingness Needs)
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan ketiga dari Maslow.
Kebutuhan bisaal dibutuhkan manusia agar memudahkan hubungannya dengan manusia
lainnya. Manusia juga membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa memiliki dan
dimiliki, serta diterima oleh masyarakat disekelilingnya.
d.
Kebutuhan Ego (Egoistic
or Esteem Needs)
Yaitu
kebutuhan berprestasi untuk mendapatkan kepuasan dan mencapai derajat yang
lebih tinggi disbandingkan dengan manusia lainnya. Setiap manusia akan berusaha
bisa mencapai prestasi, reputasi dan status yang lebih baik dari sebelumnya.
Bahkan akan menuntut manusia lainnya untuk bisa mengenalnya sebagai individu
yang sempurna, berprestasi dan sukses.
e.
Kebutuhan
Aktualisasi Diri (Need for Self-Actualization)
Yang
dimaksud kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan seorang individu untuk
menjadikan dirinya sebagai seorang yang paling baik diantara yang terbaik
karena potensi dan kemmapuan yang dimilikinya. Kebutuhan aktualisasi diri juga
menggambarkan keinginan seeseorang untuk mengetahui, memahami dan membentuk
suatu system nilai, sehingga seseorang mampu mempengaruhi orang lainnya.
III.
PEMBAHASAN
A.
Tingkat
motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan
Kudus
a.
Prosedur Penilaian
NO
|
PERNYATAAN
|
Setuju
(S)
|
Netral
(N)
|
Tidak
Setuju
(TS)
|
Jumlah
|
1
|
Produk Rapika membuat
pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
|
15
|
5
|
0
|
20
|
2
|
Produk Rapika memberi
keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
|
16
|
4
|
4
|
20
|
3
|
Produk Rapika
melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
|
9
|
9
|
2
|
20
|
4
|
Anda enggunakan
produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
|
10
|
8
|
2
|
20
|
5
|
anda membeli produk
Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
|
16
|
4
|
0
|
20
|
6
|
Anda membeli Produk Rapika karena sangat
berguna untuk
menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara
ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
|
12
|
4
|
4
|
20
|
7
|
Anda menggunakan
produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social
dan budaya
|
7
|
11
|
2
|
20
|
8
|
Produk Rapika
mengikuti perkembangan zaman.
|
13
|
5
|
2
|
20
|
9
|
Keluarga,teman dan
tetangga sering menggunakan produk Rapika
|
17
|
2
|
1
|
20
|
10
|
Anda senang
menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
|
16
|
4
|
0
|
20
|
11
|
Anda menggunakan
produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
|
17
|
3
|
0
|
20
|
12
|
Anda menggunakan
Produk Rapika karena
berkualitas dan produknya
lebih baik dari yang lain
|
12
|
8
|
0
|
20
|
13
|
Anda menggunakan
Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
|
12
|
7
|
1
|
20
|
14
|
Produk Rapika menjadi
gaya hidup sehari-hari
|
11
|
8
|
1
|
20
|
15
|
Anda menggunakan
produk Rapika karena ProdukNya terkenal
|
9
|
10
|
1
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
MAX
|
17
|
11
|
4
|
|
b.
Hasil Nilai dari prosedur penilaian
ketika dikalikan dengan nilai nominalnya Ketentuan Nilai sebagai berikut:
S:3 N:2 TS:1
NO
|
PERNYATAAN
|
Setuju
(S)
|
Netral
(N)
|
Tidak
Setuju
(TS)
|
Jumlah
|
1
|
Produk
Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
|
45
|
10
|
0
|
55
|
2
|
Produk
Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
|
48
|
8
|
0
|
56
|
3
|
Produk
Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
|
27
|
18
|
2
|
47
|
4
|
Anda
enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu
dalam lemari
|
30
|
16
|
2
|
48
|
5
|
anda
membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi
kusut
|
48
|
8
|
0
|
56
|
6
|
Anda
membeli Produk Rapika
karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara
ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
|
36
|
8
|
4
|
48
|
7
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi
pesan social dan budaya
|
21
|
22
|
2
|
45
|
8
|
Produk
Rapika mengikuti perkembangan zaman.
|
39
|
10
|
2
|
51
|
9
|
Keluarga,teman
dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
|
51
|
4
|
1
|
56
|
10
|
Anda
senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
|
48
|
8
|
0
|
56
|
11
|
Anda
menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut
dan biangNya 4in1
|
51
|
6
|
0
|
57
|
12
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena
berkualitas dan produknya
lebih baik dari yang lain
|
36
|
16
|
1
|
52
|
13
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
|
36
|
14
|
1
|
51
|
14
|
Produk
Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
|
33
|
16
|
1
|
50
|
15
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
|
27
|
20
|
1
|
48
|
|
|
|
|
|
|
|
MAX
|
51
|
22
|
4
|
|
c.
Tahap Terakhir
Penilaian (prosentase nilai)
Pada
tahap ini perhitungannya diambil dari hasil nilai tahap B yaitu nilai responden
(S/N/TS): jumlah X 100%
NO
|
PERNYATAAN
|
Setuju
(S)
|
Netral
(N)
|
Tidak
Setuju
(TS)
|
Jumlah
|
1
|
Produk
Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
|
81,8%
|
18,2%
|
0%
|
100%
|
2
|
Produk
Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
|
85,7%
|
14,3%
|
0%
|
100%
|
3
|
Produk
Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
|
57,4%
|
38,3%
|
4,3%
|
100%
|
4
|
Anda
enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu
dalam lemari
|
62,5%
|
33,3%
|
4,2%
|
100%
|
5
|
anda
membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi
kusut
|
85,7%
|
14,3%
|
0%
|
100%
|
6
|
Anda
membeli Produk Rapika
karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara
ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
|
75%
|
16,7%
|
8,3%
|
100%
|
7
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi
pesan social dan budaya
|
46,7%
|
48,9%
|
4.4%
|
100%
|
8
|
Produk
Rapika mengikuti perkembangan zaman.
|
76,5%
|
19,6%
|
3,9%
|
100%
|
9
|
Keluarga,teman
dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
|
91%
|
7,1%
|
1,9%
|
100%
|
10
|
Anda
senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
|
85,1%
|
14,3%
|
0%
|
100%
|
11
|
Anda
menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut
dan biangNya 4in1
|
89,5%
|
10,5%
|
0%
|
100%
|
12
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena
berkualitas dan produknya
lebih baik dari yang lain
|
69,2%
|
30,8%
|
0%
|
100%
|
13
|
Anda
menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
|
70,6%
|
27,4%
|
2%
|
100%
|
14
|
Produk
Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
|
66%
|
32%
|
2%
|
100%
|
15
|
Anda
menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
|
56,2%
|
41,7%
|
2,1%
|
100%
|
|
|
|
|
|
|
|
MAX
|
91%
|
48,9%
|
8,3%
|
|
B. HASIL ANALISIS
Dalam sejauh ini
tingkat kebutuhan konsumen terhadap Rapika menunjukkan signifikan Karena 91% menyatakan setuju mengenai pernyataan bahwa keluarga,teman
dan tetangga sering menggunakan
Rapika. Dan 48,9,% menyatakan
biasa saja (Netral) dengan
pernyataan “anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang
dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya”.Sedangkan 8,3% responden menyatakan tidak setuju bahwa membeli produk
rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada
pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
Jadi dari hasil penelitian berdasarkan prosentase dapat disimpulkan bahwa
prosentase terbanyak mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika menunjukkan signifikan dimana prosentasenya sebesar 91% menyatkan setuju bahwa keluarga, teman,
dan tetangga sering menggunakan
produk Rapika.
Pengen Exis dimanapun kita berada, gunakanlah rapika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar