Senin, 20 Mei 2013

LAPORAN KEGIATAN PENELITIAN TENTANG MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAPIKA DI WILAYAH MEDINI UNDAAN KUDUS

LAPORAN KEGIATAN PENELITIAN  TENTANG MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAPIKA DI WILAYAH MEDINI UNDAAN KUDUS


Disusun Guna Memenuhi Tugas Mid Semester
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen
Dosen Pengampu : Ekawati Rahayu Ningsih, SH, MM.






Disusun oleh :
RUBIYANTI              (211 113)







 
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH PRODI EKONOMI ISLAM
2013
I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan perekonomian yang semakin pesat, semakin banyak produk yang ditawarkan di pasar guna memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih luas kepada konsumen untuk memilih dan membeli produk sesuai dengan keingginan dan kebutuhannya. Keadaan seperti ini akan menimbulkan persaingan yang lebih ketat, khususnya bagi perusahaan barang dan jasa sejenis. Kondisi persaingan yang demikian mengharuskan pengusaha mampu menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efesien dari pada pesaing. Untuk dapat menciptakan strategi pemasaran perusahaan perlu mengetahui kebutuhan konsumen, sehingga dapat menciptakan produk sesuai dengan keinginan konsumen.  
Rapika merupakan salah satu produk yang efektif dan efisien untuk digunakan masyarakat sehari-hari sebagai pelicin, pewangi sekaligus pelembut pakaian. Selain karna harganya terjangkau dan juga praktis untuk digunakan menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
Oleh karena itu penulis meneliti tentang motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk rapika di wilayah medini undaan kudus dengan menggunakan teori motivasi dan kebutuhan menurut Abraham Maslow

B.     Rumusan masalah
Bagaimana  tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus?
C.     Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus.



D.    Sampel
Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan sampel secara acak atau random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah desa Medin Undaan Kudus yang berjumlah 20 orang.
E.     Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik kuesioner dimaksudkan untuk memperoleh data primer. Kueseoner adalah suatu penyelidikan mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut kepentingan umum (orang banyak) yang dilakukan dengan jalan mengadakan suatu daftar pertanyaan berupa formulir-formulir, diajukan secara tertulis kepada sejumlah subjek untuk mendapatkan jawaban tentang tanggapan (respons) tertulis seperlunya (Singarimbun, 1995 : 130).  
Dengan demikian, berdasarkan daftar pertanyaan tersebut diharapkan memperoleh data primer secara langsung dari responden yang mempunyai kaitan erat dengan penelitian serta mempunyai sifat reliabilitas dan validitas yang tinggi. Kuesioner yang dikirim kepada responden di dalam penelitian ini adalah kuesioner berstruktur dengan pertanyan tertutup.

II.       LANDASAN TEORI
Motivasi adalah satu penggerak dari dalam diri seseorang untuk melakukan atau mencapai suatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupannya.
Motivasi itu tidak pernah dikatakan baik, apabila tujuan yang diinginkan itu tidak baik. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa motivasi selalu berkaitan dengan kebutuhan, Abraham Maslow mengklasifikasikan kebutuhan secara berurutan, menjadi 5 bagian. Konsep Abraham Maslow dikenal dengan piramida kebutuhan yaitu sebagai berikut:
a.       Kebutuhan Fisiologis (Physiological Needs)
Merupakan jenis kebutuhan dasar manusia dalam mempertahankan hidupnya. Kebutuhan fisiologis meliputi  makanan air, udara, rumah, pakaian, dll.
b.      Kebutuhan Rasa Aman (Safety Needs)
Adalah jenis kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan fisiologis. Kebutuhan rasa aman juga menrupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia. Manusia juga membutuhkan perlindungan dari gangguan kriminalitas, sehingga ia bisa hidup aman dan nyaman ketika sedang melakukan suatu kegiatan.
c.       Kebutuhan Sosial (Bisaal Needs atau Belongingness Needs)
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan ketiga dari Maslow. Kebutuhan bisaal dibutuhkan manusia agar memudahkan hubungannya dengan manusia lainnya. Manusia juga membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa memiliki dan dimiliki, serta diterima oleh masyarakat disekelilingnya.
d.      Kebutuhan Ego (Egoistic or Esteem Needs)
Yaitu kebutuhan berprestasi untuk mendapatkan kepuasan dan mencapai derajat yang lebih tinggi disbandingkan dengan manusia lainnya. Setiap manusia akan berusaha bisa mencapai prestasi, reputasi dan status yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan akan menuntut manusia lainnya untuk bisa mengenalnya sebagai individu yang sempurna, berprestasi dan sukses.
e.       Kebutuhan Aktualisasi Diri (Need for Self-Actualization)
Yang dimaksud kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan seorang individu untuk menjadikan dirinya sebagai seorang yang paling baik diantara yang terbaik karena potensi dan kemmapuan yang dimilikinya. Kebutuhan aktualisasi diri juga menggambarkan keinginan seeseorang untuk mengetahui, memahami dan membentuk suatu system nilai, sehingga seseorang mampu mempengaruhi orang lainnya.

III.    PEMBAHASAN
A.    Tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus
a.       Prosedur Penilaian
NO
PERNYATAAN
Setuju

(S)
Netral

(N)
Tidak
Setuju
(TS)
Jumlah
1
Produk Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
15
5
0
20
2
Produk Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
16
4
4
20
3
Produk Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
9
9
2
20
4
Anda enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
10
8
2
20
5
anda membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
16
4
0
20
6
Anda membeli Produk Rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
12
4
4
20
7
Anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya
7
11
2
20
8
Produk Rapika mengikuti perkembangan zaman.
13
5
2
20
9
Keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
17
2
1
20
10
Anda senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
16
4
0
20
11
Anda menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
17
3
0
20
12
Anda menggunakan Produk Rapika karena berkualitas dan produknya lebih baik dari yang lain
12
8
0
20
13
Anda menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
12
7
1
20
14
Produk Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
11
8
1
20
15
Anda menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
9
10
1
20







MAX
17
11
4


b.       Hasil Nilai dari prosedur penilaian ketika dikalikan dengan nilai nominalnya Ketentuan Nilai sebagai berikut:         
S:3                   N:2                  TS:1
NO
PERNYATAAN
Setuju

(S)
Netral

(N)
Tidak
Setuju
(TS)
Jumlah
1
Produk Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
45
10
0
55
2
Produk Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
48
8
0
56
3
Produk Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
27
18
2
47
4
Anda enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
30
16
2
48
5
anda membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
48
8
0
56
6
Anda membeli Produk Rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
36
8
4
48
7
Anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya
21
22
2
45
8
Produk Rapika mengikuti perkembangan zaman.
39
10
2
51
9
Keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
51
4
1
56
10
Anda senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
48
8
0
56
11
Anda menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
51
6
0
57
12
Anda menggunakan Produk Rapika karena berkualitas dan produknya lebih baik dari yang lain
36
16
1
52
13
Anda menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
36
14
1
51
14
Produk Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
33
16
1
50
15
Anda menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
27
20
1
48







MAX
51
22
4


c.       Tahap Terakhir Penilaian (prosentase nilai)
Pada tahap ini perhitungannya diambil dari hasil nilai tahap B yaitu nilai responden (S/N/TS): jumlah X 100%
NO
PERNYATAAN
Setuju

(S)
Netral

(N)
Tidak
Setuju
(TS)
Jumlah
1
Produk Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
81,8%
18,2%
0%
100%
2
Produk Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
85,7%
14,3%
0%
100%
3
Produk Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
57,4%
38,3%
4,3%
100%
4
Anda enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
62,5%
33,3%
4,2%
100%
5
anda membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
85,7%
14,3%
0%
100%
6
Anda membeli Produk Rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
75%
16,7%
8,3%
100%
7
Anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya
46,7%
48,9%
4.4%
100%
8
Produk Rapika mengikuti perkembangan zaman.
76,5%
19,6%
3,9%
100%
9
Keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
91%
7,1%
1,9%
100%
10
Anda senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
85,1%
14,3%
0%
100%
11
Anda menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
89,5%
10,5%
0%
100%
12
Anda menggunakan Produk Rapika karena berkualitas dan produknya lebih baik dari yang lain
69,2%
30,8%
0%
100%
13
Anda menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
70,6%
27,4%
2%
100%
14
Produk Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
66%
32%
2%
100%
15
Anda menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
56,2%
41,7%
2,1%
100%







MAX
91%
48,9%
8,3%


B.     HASIL ANALISIS
Dalam sejauh ini tingkat kebutuhan konsumen terhadap Rapika menunjukkan signifikan Karena 91% menyatakan setuju mengenai pernyataan bahwa keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan Rapika. Dan 48,9,% menyatakan biasa saja (Netral) dengan pernyataan “anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya”.Sedangkan 8,3% responden menyatakan tidak setuju  bahwa membeli produk rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
Jadi dari hasil penelitian berdasarkan prosentase dapat disimpulkan bahwa prosentase terbanyak mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika menunjukkan signifikan dimana prosentasenya sebesar 91% menyatkan setuju bahwa keluarga, teman, dan tetangga sering menggunakan produk Rapika.















IKLAN

Pengen Exis dimanapun kita berada, gunakanlah rapika
LAPORAN KEGIATAN PENELITIAN  TENTANG MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAPIKA DI WILAYAH MEDINI UNDAAN KUDUS


Disusun Guna Memenuhi Tugas Mid Semester
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen
Dosen Pengampu : Ekawati Rahayu Ningsih, SH, MM.






Disusun oleh :
RUBIYANTI              (211 113)







 
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH PRODI EKONOMI ISLAM
2013
I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan perekonomian yang semakin pesat, semakin banyak produk yang ditawarkan di pasar guna memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih luas kepada konsumen untuk memilih dan membeli produk sesuai dengan keingginan dan kebutuhannya. Keadaan seperti ini akan menimbulkan persaingan yang lebih ketat, khususnya bagi perusahaan barang dan jasa sejenis. Kondisi persaingan yang demikian mengharuskan pengusaha mampu menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efesien dari pada pesaing. Untuk dapat menciptakan strategi pemasaran perusahaan perlu mengetahui kebutuhan konsumen, sehingga dapat menciptakan produk sesuai dengan keinginan konsumen.  
Rapika merupakan salah satu produk yang efektif dan efisien untuk digunakan masyarakat sehari-hari sebagai pelicin, pewangi sekaligus pelembut pakaian. Selain karna harganya terjangkau dan juga praktis untuk digunakan menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
Oleh karena itu penulis meneliti tentang motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk rapika di wilayah medini undaan kudus dengan menggunakan teori motivasi dan kebutuhan menurut Abraham Maslow

B.     Rumusan masalah
Bagaimana  tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus?
C.     Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus.



D.    Sampel
Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan sampel secara acak atau random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah desa Medin Undaan Kudus yang berjumlah 20 orang.
E.     Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik kuesioner dimaksudkan untuk memperoleh data primer. Kueseoner adalah suatu penyelidikan mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut kepentingan umum (orang banyak) yang dilakukan dengan jalan mengadakan suatu daftar pertanyaan berupa formulir-formulir, diajukan secara tertulis kepada sejumlah subjek untuk mendapatkan jawaban tentang tanggapan (respons) tertulis seperlunya (Singarimbun, 1995 : 130).  
Dengan demikian, berdasarkan daftar pertanyaan tersebut diharapkan memperoleh data primer secara langsung dari responden yang mempunyai kaitan erat dengan penelitian serta mempunyai sifat reliabilitas dan validitas yang tinggi. Kuesioner yang dikirim kepada responden di dalam penelitian ini adalah kuesioner berstruktur dengan pertanyan tertutup.

II.       LANDASAN TEORI
Motivasi adalah satu penggerak dari dalam diri seseorang untuk melakukan atau mencapai suatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupannya.
Motivasi itu tidak pernah dikatakan baik, apabila tujuan yang diinginkan itu tidak baik. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa motivasi selalu berkaitan dengan kebutuhan, Abraham Maslow mengklasifikasikan kebutuhan secara berurutan, menjadi 5 bagian. Konsep Abraham Maslow dikenal dengan piramida kebutuhan yaitu sebagai berikut:
a.       Kebutuhan Fisiologis (Physiological Needs)
Merupakan jenis kebutuhan dasar manusia dalam mempertahankan hidupnya. Kebutuhan fisiologis meliputi  makanan air, udara, rumah, pakaian, dll.
b.      Kebutuhan Rasa Aman (Safety Needs)
Adalah jenis kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan fisiologis. Kebutuhan rasa aman juga menrupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia. Manusia juga membutuhkan perlindungan dari gangguan kriminalitas, sehingga ia bisa hidup aman dan nyaman ketika sedang melakukan suatu kegiatan.
c.       Kebutuhan Sosial (Bisaal Needs atau Belongingness Needs)
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan ketiga dari Maslow. Kebutuhan bisaal dibutuhkan manusia agar memudahkan hubungannya dengan manusia lainnya. Manusia juga membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa memiliki dan dimiliki, serta diterima oleh masyarakat disekelilingnya.
d.      Kebutuhan Ego (Egoistic or Esteem Needs)
Yaitu kebutuhan berprestasi untuk mendapatkan kepuasan dan mencapai derajat yang lebih tinggi disbandingkan dengan manusia lainnya. Setiap manusia akan berusaha bisa mencapai prestasi, reputasi dan status yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan akan menuntut manusia lainnya untuk bisa mengenalnya sebagai individu yang sempurna, berprestasi dan sukses.
e.       Kebutuhan Aktualisasi Diri (Need for Self-Actualization)
Yang dimaksud kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan seorang individu untuk menjadikan dirinya sebagai seorang yang paling baik diantara yang terbaik karena potensi dan kemmapuan yang dimilikinya. Kebutuhan aktualisasi diri juga menggambarkan keinginan seeseorang untuk mengetahui, memahami dan membentuk suatu system nilai, sehingga seseorang mampu mempengaruhi orang lainnya.

III.    PEMBAHASAN
A.    Tingkat motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika di wilayah Medini Undaan Kudus
a.       Prosedur Penilaian
NO
PERNYATAAN
Setuju

(S)
Netral

(N)
Tidak
Setuju
(TS)
Jumlah
1
Produk Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
15
5
0
20
2
Produk Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
16
4
4
20
3
Produk Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
9
9
2
20
4
Anda enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
10
8
2
20
5
anda membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
16
4
0
20
6
Anda membeli Produk Rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
12
4
4
20
7
Anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya
7
11
2
20
8
Produk Rapika mengikuti perkembangan zaman.
13
5
2
20
9
Keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
17
2
1
20
10
Anda senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
16
4
0
20
11
Anda menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
17
3
0
20
12
Anda menggunakan Produk Rapika karena berkualitas dan produknya lebih baik dari yang lain
12
8
0
20
13
Anda menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
12
7
1
20
14
Produk Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
11
8
1
20
15
Anda menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
9
10
1
20







MAX
17
11
4


b.       Hasil Nilai dari prosedur penilaian ketika dikalikan dengan nilai nominalnya Ketentuan Nilai sebagai berikut:         
S:3                   N:2                  TS:1
NO
PERNYATAAN
Setuju

(S)
Netral

(N)
Tidak
Setuju
(TS)
Jumlah
1
Produk Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
45
10
0
55
2
Produk Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
48
8
0
56
3
Produk Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
27
18
2
47
4
Anda enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
30
16
2
48
5
anda membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
48
8
0
56
6
Anda membeli Produk Rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
36
8
4
48
7
Anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya
21
22
2
45
8
Produk Rapika mengikuti perkembangan zaman.
39
10
2
51
9
Keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
51
4
1
56
10
Anda senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
48
8
0
56
11
Anda menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
51
6
0
57
12
Anda menggunakan Produk Rapika karena berkualitas dan produknya lebih baik dari yang lain
36
16
1
52
13
Anda menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
36
14
1
51
14
Produk Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
33
16
1
50
15
Anda menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
27
20
1
48







MAX
51
22
4


c.       Tahap Terakhir Penilaian (prosentase nilai)
Pada tahap ini perhitungannya diambil dari hasil nilai tahap B yaitu nilai responden (S/N/TS): jumlah X 100%
NO
PERNYATAAN
Setuju

(S)
Netral

(N)
Tidak
Setuju
(TS)
Jumlah
1
Produk Rapika membuat pakaian anda menjadi licin dan rapi lebih lama
81,8%
18,2%
0%
100%
2
Produk Rapika memberi keharuman segar yang tahan lama pada pakaian anda
85,7%
14,3%
0%
100%
3
Produk Rapika melembutkan pakaian anda hingga ke serat kain
57,4%
38,3%
4,3%
100%
4
Anda enggunakan produk Rapika karena wanginya tahan lama walaupun sudah 1 minggu dalam lemari
62,5%
33,3%
4,2%
100%
5
anda membeli produk Rapika karena bahan yang digunakan tidak membuat pakaian jadi kusut
85,7%
14,3%
0%
100%
6
Anda membeli Produk Rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
75%
16,7%
8,3%
100%
7
Anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya
46,7%
48,9%
4.4%
100%
8
Produk Rapika mengikuti perkembangan zaman.
76,5%
19,6%
3,9%
100%
9
Keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan produk Rapika
91%
7,1%
1,9%
100%
10
Anda senang menggunakan Produk Rapika karena dapat meninggkatkan kepercayaan diri
85,1%
14,3%
0%
100%
11
Anda menggunakan produck Rapika dapat menjadikan pakaian licin,wangi dan lembut dan biangNya 4in1
89,5%
10,5%
0%
100%
12
Anda menggunakan Produk Rapika karena berkualitas dan produknya lebih baik dari yang lain
69,2%
30,8%
0%
100%
13
Anda menggunakan Produk Rapika karena sering di pakai oleh kebayakan orang
70,6%
27,4%
2%
100%
14
Produk Rapika menjadi gaya hidup sehari-hari
66%
32%
2%
100%
15
Anda menggunakan produk Rapika karena ProdukNya terkenal
56,2%
41,7%
2,1%
100%







MAX
91%
48,9%
8,3%


B.     HASIL ANALISIS
Dalam sejauh ini tingkat kebutuhan konsumen terhadap Rapika menunjukkan signifikan Karena 91% menyatakan setuju mengenai pernyataan bahwa keluarga,teman dan tetangga sering menggunakan Rapika. Dan 48,9,% menyatakan biasa saja (Netral) dengan pernyataan “anda menggunakan produk Rapika karena promosi yang dilakukan menarik dan memberi pesan social dan budaya”.Sedangkan 8,3% responden menyatakan tidak setuju  bahwa membeli produk rapika karena sangat berguna untuk menghilangkan bau apek dan kuman pada pakaian, sofa, karpet, udara ruangan/kamar, jok mobil dan lain-lain.
Jadi dari hasil penelitian berdasarkan prosentase dapat disimpulkan bahwa prosentase terbanyak mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Rapika menunjukkan signifikan dimana prosentasenya sebesar 91% menyatkan setuju bahwa keluarga, teman, dan tetangga sering menggunakan produk Rapika.















IKLAN

Pengen Exis dimanapun kita berada, gunakanlah rapika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar